Lap Percobaan Makanan : Uji Duo Trio

HASIL DAN PEMBAHASAN

            Uji duo trio adalah uji yang digunakan untuk mendeteksi adanya perbedaan yang kecil antara dua contoh. Uji ini relatif lebih mudah karena adanya contoh baku dalam pengujian. Biasanya Uji Duo-trio digunakan untuk melihat perlakuan baru terhadap mutu produk ataupun menilai keseragaman mutu bahan.

Percobaan ini dilakukan pada 13 panelis. Sampel yang digunakan adalah sirup dengan konsentrasi 20% dan 25%. Masing-masing sampel diberi kode yaitu 497 untuk sirup dengan konsentrasi 20% dan 687 untuk sirup dengan konsentrasi 25%. Sampel baku yang digunakan ialah sirup dengan konsentrasi 25% yang diberi kode R. Panelis diminta untuk menebak sampel yang sama dengan sampel baku (R). Jawaban yang diinginkan adalah sampel 687.

Setelah uji dilakukan, dari 13 panelis hanya 4 orang yang menjawab benar, sementara 9 orang menjawab salah. Berdasarkan Penuntun Praktikum Penilaian Organoleptik, jumlah terkecil panelis yang menjawab benar, untuk jumlah panelis 13 orang, pada tingkat beda nyata 5%, 1%, 0,1% adalah 11, 12, dan 13 orang panelis. Hasil uji yang didapat menyatakan tidak ada perbedaan yang signifikan pada setiap tingkat beda nyata.

Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa untuk kriteria rasa antara sirup dengan konsentrasi 20% dan 25% belum dapat dikatakan memiliki mutu yang berbeda karena jumlah panelis menyatakan sama masih dibawah persyaratan yang diminta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s